Selasa, 06 November 2012

Kelebihan dan Kekurangan Online Asessment



“ KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN ONLINE ASESSMENT ”

Oleh :
KELOMPOK 5B2

Ika Riftiana Ratnasari                (1010251042)
Syamlina Dwi                           (1010251048)
Widya Okta S                          (1010251069)
Hifni Habibullah                       (1010251070)
Ratna Panca W                        (1010251074)

1.      KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN ASSESMEN DARI SISI SISWA

Penilaian/assesment berdasarkan kompetensi merupakan suatu proses pengumpulan bukti secara sistematis serta pembuatan keputusan tentang perilaku seseorang terhadap standar kompetensi yang telah ditetapkan. Penilaian sebaiknya saling berhubungan antara keterampilan, pengetahuan dan sikap dan penerapan yang berguna, candidate/peuji harus menunjukkan bahwa mereka kompeten dalam semua tugas,tidak hanya sebagian saja . Penilaian berdasar kompetensi bukan hanya tentang unjuk kerja, pengetahuan dan pemahaman adalah fundamental untuk unjuk kerja dan keperluan untuk dinilai. Assesment dalam pembelajaran adalah suatu proses atau upaya formal pengumpulan informasi yang berkaitan dengan variabel-variabel penting pembelajaran sebagai bahan dalam pengambilan keputusan oleh guru untuk memperbaiki proses dan hasil belajar siswa.
Setelah kita melakukan evaluasi di sman 1 pakusari tersebut menurut saya assesmen itu mempunyai keunggulan dan kelemahan dari siswanya. Ternyata dari satu kelas tersebut banyak kendala-kendalanya juga dalam sisi cara mengerjakanya. Artinya siswa tidak dapat memilih jawaban lagi apabila jawaban tersebut sudah dijawab sebelumnya. Siswa harus benar-benar menjawab dengan benar dan didukung dengan komputer atau internet yang baik. dalam segi penilaian, siswa dapat melihat langsung hasil dari pekerjaanya dari assesmen tersebut. Jadi guru juga harus mempersiapkan sebelumnya terutama internetnya dan soal  disiapkan agar tidak terjadi kesalahan kesalahan lagi.

KEUNGGULAN  ASSESMEN DARI SISWA TERSEBUT ADALAH:
1.      Siswa dapat melihat langsung mana soal yang benar dan yang salah
2.      Dapat memberi dampak positif dari siswa atau perkembangan kepribadian seseorang. 
3.      Membiasakan, dan melatih peserta didik untuk berbuat jujur, karena mereka dituntut  untuk jujur dan objektif dalam melakukan penilaian.

KELEMAHAN DARI ASSESMEN DARI SISWA TERSEBUT ADALAH:

1.      Dari sisi komputernya, terkadang ada kendala-kendala yang mungkin tidak terduga yaitu waktu listriknya mati sehingga nilai ada yang yang tidak tersimpan langsung diservernya dan ada yang tidak bisa connex.
2.      Terlalu banyak siswa maka terlalu banyak tingkat keramaianya karena antara komputer satu dengan yang lainya terlalu rapat,sehingga tidak obyektif kalau mengerjakan soal tersebut.
3.      Walaupun soal diacak,siswa masih saja mencotek kepada temanya.
Dalam menggunakan metode ini siswa mengeluh karena tidak bisa memilih lagi jawaban yang sudah dipilih sehingga siswa dituntut harus benar-benar belajar dengan baik dan teliti. Karena hal ini, terkadang ada siswa yang tidak hanya menjawab satu jawaban tetapi ada yang 2 jawaban sekaligus. Kelemahan itulah yang membuat siswa tidak bisa melakukan metode ini. Oleh karena itu metode seperti ini sebaiknya harus disempurnakan lagi. Supaya siswa tidak mengalami kesulitan dalam menjawab soal. Waktu juga diperpanjang, apabila ada gangguan connexted internet.
Kelebihan dalam assesmen ini siswa dapat melihat langsung berapa banyak jawaban yang dikerjakan setelah selesai mengerjakanya dari komputer tersebut. Dan tentunya lebih menghemat kertas karena metode tersebut tidak memerlukan bahan-bahan dari kertas atau LJK. Dalam sistem online tentunya harus connextet dengan internet yang bagus. Dalam membuat soal-soal lebih mudah,tidak perlu menggandakan soal-soal tersebut atau foto kopi.
Dalam assesmen ini siswa akan lebih kesulitan untuk melakukan contek mencontek antar teman, karena soal tersebut diacak. Oleh karena itu, sistem metode ini mempunyai kelemahan dan kelebihan. Selain itu meningkatkan motivasi siswa peer assesment melibatakan siswa secara aktif dalam proses penilaian.
  
2.      KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN ONLINE ASSESSMENT DARI SISI GURU

KEUNGGULAN

Guru bias lebih mudah untuk memberi nilai kepada siswa, guru tidak repot untuk fotocoppy soal untuk ujian siswa, guru tinggal menguploud soal.
Selain itu guru lebih mudah, karena tidak usah mengoreksi, dan langsung keluar nilainya, selain itu juga lebih mudah menganalisis soalnya, karena sudah ada pada servernya, guru hanya mengecek pada server, nilai, data, dan analisisnya lebih mudah.
Tingkat kemurnian nilai ujian juga lebh tinggi, karena jika online tiap computer soalnya bias di acak dan itu mempersulit peserta didik untuk mencontoh jawaban pada temannya.
Dari ujian online juga bias di lihat bahwa peserta didik memamg benar – benar bias atau Cuma mencoba memilih salah satu jawaban untuk uji coba, peserta didik tidak bias mencoba – coba untuk menjawab satu persatu dan mencari yang benar dari jawaban tersebut, karena setiap peserta didik menjawab itu pasti ada nilainya, dan jika menjawab salah lebih dari satu kali nilainya secara otmatis akan dikurangi, dan siswa pasti akan takut dengan hal itu, karena jika siswa terus – terusan mencoba – coba dan jawabannya salah, nilainya akan berkurang terus, dan akhirnya nilainya menjadi sedikit, dan itu berpengaruh dengan nilai raport peserta didik, pasti peserta didik akan takut dan tidak akan mengulangi hal itu, mereka akan berusaha mengerjakan sendiri dengan cara berfikir, tidak asal – asalan mengerjakan.
Guru lebih mudah mengawasi, karena jika di dalam lab kmputer hanya d butuhkan selembar kertas untuk menghitung, jadi peluang untuk mencontoh di buku (ngerpek) sedikit, karena d lab hanyalah boleh membawa selembar kerttas, itupun di buat untuk menghitung jawaban dari soal tersebut.
Guru juga bias sambil belajar teknologi yang lebih canggih, jadi gurunya tidak ketinggalan jaman, dan tidak gaptek. Selain belajar juga bias menmbah pengetahuan tentang teknologi pada jaman sekarang ini, bahwa teknologi pada jaman sekarang jauh berbeda dari dulu, ulangan tidak hanya ulangan tulis saja, tetapi sekarang juga bias ulangan online yang mempermudah guru dan siswanya untuk mengrjakan soal, dan mengoreksi soal. Jadi model assessment menurut saya bagus dan bias memajukan bangsa Indonessia ini.

KEKURANGANNYA

Kekurangannya adalah jika pada saat mati lampu tidak bias melanjutkan mengakses, tetapi harus login dari awal, dan itu memakan waktu dan merasa keberatan buat siswa, karena jika mati lampu computer juga ikut mati dan harus mengakses dari awal lagi, jawaban yang tadi sudah dikerjakan akan hilang, karena tidak secara otomatis computer bias menyimpan, dan peserta didik harus mengulangi mengakses dari awal, dan mengerjakan dari awal juga, terkadang pada sekolah – sekolah tertentu jika sudah mati lampu, itu terkadang sudah tidak bias mengakseslagi, sulit untuk login lagi, dan terkadang juga sekolah membatasi hanya ada beberapa computer saja yang bias di buat online, karena jika terlalu banyak akan menyebabkan lodingnya lama, atau prosesnya lama, dan itu memperlambat peserta didik untuk mengerjakan soal – soal ujiannya, dan memakan waktu yang lama, jadi tidak bias efisien terhadap waktu pengerjakan soal ujian.
Guru merasa tidak enak kepada peserta didik jika harus mengulangi ujian karena kesalahan dari server, itu membuat peserta didik kecewa dan tidak percaya bahwa online assessment tidak bagus, tidak enak, dan membuat peserta didik merasa di jadikan korban untuk ujuan – ujian terus, dan itu membuat gru harus membuat soal lagi, karena jika guru tidak membuat soal lagi, soal sifatnya sudah terbuka peserta didik sudah tau, dan sudah mengerjakan soal – soal tersebut, pada dasarnya soal – soal tersebut sudah bocor  terhadap peserta didik, dan itu membuat guru  kebingungan untuk membuat soal lagi. Iya kalau materinya banyak jadi bias mengolah soal, kalau materinya sedikit pasti peserta didik bias menebak soal – soal ujian yang akan keluar nantinya. Dan itu membuat soal yang mudah bagi peserta didik, dan guru sulit untuk mengevaluasi soal – sola yang mudah, sedang, dan sulit.
Guru lebih meremehkan, karena assessment sudah lengkap, sudah langsung bias mnganalisis, sudang langsung bias mengoreksi, dan sudah langsung bias member nilai, guru hanya santai dan tidak bekerja untuk mendapatklan nilai peserta didik tersebut.
Yang terakhir guru tidak bisa menerapkan assessment tersebut jika pada sekolah tidak terdapat lab computer, pada sekarang ini masih jarang sekolah – sekolah yang mempunyai lab computer jadi guru krbingungan jika harus menerapkan assessment tersebut.

3.      KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN ASSESSMENT DARI SISI SEKOLAH

KEKURANGAN

Penilaian online didasarkan pada menggunakan teknologi komputer dan kemampuan jaringan dari internet untuk menyampaikan dan skor tes. Banyak format pertanyaan yang berbeda tersedia dan dapat diimplementasikan dalam tes yang sama, seperti pilihan ganda, jawaban ganda, mengisi kosong dan benar / salah. Penilaian online diberikan oleh majikan untuk menguji pengetahuan sebelumnya pemohon, di sekolah, dan sebagai bagian dari seminar online.
            Pada  lembaga sekolahan kurang nya sarana prasaran sekolah sehinga siswa tidak bias mengakses atau mengunakan assessment, sehinga siswa hanya mendapatkan pelajaran dari guru atau sumber buku yang sudah desiakan oleh pihak sekolah itu pun sangat minim karena di desa- desa kecil banyak sekolah yang kurang mampu pada masalah sarana prasarana.
Pada lembaga sekolah terjadi minimnya biaya untuk listrik sehinga pada kalangan sekolah yang menengah atau tidak mampu tidak bias mengunakan setiap pelajaran atau sering terjadi mati lampu pada saat penilaian online berlangsung sehinga pelajaran terbengkalai.
Kurangnya teknologi dari pihak sekolah sehinga siswa kurang terampil dalam memahai assessment online karena pada sekolah tertentu minimnya guru yang kurang  paham tentang teknologi pada assessment sehinga sekolah sulit mencari tenaga guru.
Kurangnya paham sekolah  yang mengetahui dan memiliki keterampilan soal-soal internet sehinga pihak sekolah hanya bias menekan kan pada assessment manual saja karena pihak sekolah tidak mau paham pada teknologi saat ini.
Kelebihan Assessment online
Dalam konteks pendidikan sekolah ,  bukan hanya mampu membantu tugas-tugas pengurusan dan pentadbiran, tetapi berpotensi sebagai alat untuk mengayakan lagi persekitaran pengajaran dan pembelajaran bagi hampir semua mata pelajaran. Sehinga Aspek teknologi telah digabungkan dalam kurikulum sekolah sebagai satu daya usaha ke arah menyemai dan memupuk minat serta sikap yang positif terhadap perkembangan teknologi.
Budaya persekolahan seharusnya diubah daripada sesuatu yang berdasarkan memori kepada yang berpengetahuan, berpemikiran, kreatif dan penyayang dengan menggunakan teknologi terkini ( KPM, 1997 ). Sehnga  Pencapaian pelajaran dalam peperiksaan akhir menunjukkan peningkatan yang ketara pada suatu lembaga sekolah tersebut.
Nolan dan Martin (1994) menyatakan bahawa pembelajaran dalam suasana baru seperti menggunakan internet di sekolah telah membawa banyak perubahan kepada pelajar. Pelajar didapati lebih mahir membuat kajian dan lebih berfikiran secara kritikal. Walau bagaimanapun jurang perbezaan sosial ekonomi di kalangan pelajar harus diambil kira semasa pendedahan teknologi komputer dan internet diberikan (Bier et. al, 1996).
Sekolah mudah mendentifikasi siswa dan sekolah bisa lebih terkenal pada kalangan masyarakat tentang assement karena masyarakat banyak akan memilih sekolahan yang teknologinya sangat maju meskipun biaya yang dkeluarkan sekolah atau pendidik  tidak sedikit karena teknologi saat ini sangat mahal, dan pihak sekolah mampu mencetak kader – kader yang professional terampil dan berbakat  sehinga mengikuti era pengetahuan saat ini.
Pihak sekolah bisa melakukan penyesuaian kurikulum Sekolah dengan sekolahan yang lebih maju. Kurikulum sifatnya holistik di mana pengetahuan, keterampilan dan nilai (values) diintegrasikan dengan kebutuhan diera informasi ini Kurikulumnya bersifat competency based-curriculum.
Sekolah memudahkan Guru dan siswa dengan menggunakan bahan ajar atau petunjuk belajar yang terstruktur dan terjadwal melalui internet, sehingga keduanya bisa saling menilai sampai berapa jauh bahan ajar dipelajari.Siswa dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dan di mana saja kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer.Bila siswa memerlukan tambahan informasi yang berkaitan dengan bahan yang dipelajarinya, ia dapat melakukan akses di internet.Baik guru maupun siswa dapat melakukan diskusi melalui internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak, sehingga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas. Berubahnya peran siswa dari biasanya pasif menjadi aktif.

4.      KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN ASSESSMENT DARI SISI ORANGTUA

KELEBIHAN ASESMEN DARI SEGI ORANG TUA:

1.      Membuat anak lebih mengenal teknologi
Dengan adanya asesmen secara online dapat membuat anak lebih mengenal teknologi, karena pada asesmen online anak memegang computer secara mandiri. Jadi, kegunaan computer di rumah maupun di sekolah menjadi berguna untuk pembelajaran karena sering anak memegang computer di sekolah maupun di rumah hanya untuk bermain game atau lain sebagainya.

2.      Mengetahui kelemahan dan kelebihan anaknya.
Jika siswa diberi tes online atau asesmen online, maka orang tua tahu bahwa anaknya bisa atau tidak dalam mengerjakan soal karena dalam asesmen online siswa dihadapkan pada computer satu – satu, jadi tiap anak memegang computer sendiri – sendiri dan tidak dapat bertanya kepda teman yang lainnya dalam asesmen online juga ditentukan batas waktu untuk mengerjakan. Selain itu dalam asesmen online juga disediakan dalam bentuk multiple choice, walaupun anak dapat mencoba memilih - milih jawaban yang benar tetapi penskoran terakhir dapat terlihat berapa kali anak menjawab salah dan disitu sudah ada laporan tersendiri, jadi orang tua dapat melihat seberapa kemampuan anaknya.

3.      Mengajarkan anak berbuat jujur
Pada asesmen online peserta yang mengikuti penilaian dihadapkan pada computer sendiri-sendiri dan dikerjakan secara mandiri, peserta tidak dapat mencontek atau bertanya kepada temannya apalagi jika jarak antara computer yang satu dengan yang lain mempunyai jarak yang agak jauh. Selain itu, untuk membuat  anak jujur untuk soal yang menggunakan asesmen online, soal dibuat secara acak, jadi antara peserta yang satu dengan yang lain tidak ada yang bertanya.

4.      Tidak ada kecurangan dari pihak guru
Pada asesmen online pihak guru atau pihak sekolah tidak dapata membantu siswanya dalam mengerjakan soal asesmen dan tidak dapat membuat nilai secara sembarangan karena sering terjadi dari pihak sekolah, mereka member nilai dengan tidak jujur, sering apabila ada siswa yang disenangi atau siswa yang masih saudaranya, guru member nilai lebih terhadap anak tersebut. Tetapi, pada asesmen online ini Setelah anak selesai mengerjakan soal, nilai dari anak tersebut langsung muncul secara otomatis, jadi anak sudah tahu terlebih dahulu mengenai nilainya, jadi guru tidak dapat mengubah nilai tersebut, jika diubah atau guru memberikan nilai yang tidak sesuai dengan apa yang didapatkan anak tersebut maka anak juga akan memprotes gurunya dan terlebih juga oran tua mereka masing – masing.

KEKURANGAN DARI ASESMEN ONLINE DARI SEGI ORANG TUA:

1.      Biaya pendidikan di sekolah dinaikkan
Dengan adanya asesmen online di sekolah mengakibatkan biaya operasional sekolah juga semakin mahal karena untuk membayar listrik dan juga untuk penambahan pembelian computer. Dengan danya system asesmen online orang tua juga harus bekerja keras untuk membiayai anaknya untuk bersekolah di sekolah yang selalu memberikan asesmen secara online.

2.      Orang tua enggan menyekolahkan anaknya di sekolah yang memberikan asesmen secara online.
Orang tua enggan menyekolahkan anaknya di sekolah yang memberikan asesmen secara online karena menurut orang tua biasanya online itu terlalu ribet, dan ada lagi orang tua yang tidak mau menyekolahkan anaknya pada sekolah yang memberikan asesmen secara online karena kekurangan biaya karena biasanya sekolah yang mengadakan asesmen secara online lebih mahal dibandingkan dengan sekolah yang memberikan asesmen secara manual atau bisa disebut juga dengan asesmen tulis atau ujian secara tertulis.

3.      Orang tua takut dengan asesmen secara online
Dengan asesmen secara online kebanyakan semua orang tua takut jika di sekolah anaknya diberi asesmen secara online karena mereka takut jika anaknya memperoleh nilai yang tidak memuaskan, karena jika ada gangguan misalnya mati lampu atau lain sebagainya anak tidak dapat melanjutkan mengerjakan soal dan ditambah lagi jika ada kesalahan entah pada computer atau lain sebagainya ditakutkan anak memperoleh nilai yang jelek.

5.      Keunggulan dan kekurangan Online Assessment bagi masyarakat akademik, dan Pemerintah
Sebelumnya, setiap ujian atau ulangan harian di sekolah-sekolah menggunakan sistem manual yaitu dengan mengerjakan soal yang diberikan menggunakan kertas lembar soal dan lembar jawaban. Jika ujiannya menggunakan perhitungan, maka ditambah lagi ada kertas oret-oretan untuk menghitung. Dan itu membutuhkan banyak biaya untuk penggandaaan lembar soal dan penggandaan lembar jawaban maupun lembar penghitungan. Dengan menggunakan sistem ujian online dapat meminimalisir pengeluaran dan menghemat kertas. Tetapi terkadang menggunakan ujian online juga memiliki kekurangan, mulai dari koneksi internet, listrik, dll.     

Kelebihan/keunggulan dan kekurangan Online Asessment bagi masyarakat akademik :

KEUNGGULAN
1.      Lebih memudahkan siswa dalam mengerjakan soal;
2.      Dapat menghemat penggunaan kertas;
3.      Tanpa repot-repot mengoreksi jawaban siswa;
4.      Durasi waktu dapat ditentukan pada setiap soal yang ada;
5.      Hasil ujian dapat langsung diketahui setelah ujian selesai;
6.      Mempermudah para pesesta tes yang memiliki keterbatasan fisik, ia bisa ujian dirumah;
7.      Pelaksanaannya lebih cepat dari pada mengerjakan lembar jawaban secara manual;
8.      Hasil ujian dan nilai siswa bisa langsung dilihat dan langsug dicetak;
9.      Selain ujian, Online Assessment juga dapat memberikan pembelajaran tentang kemajuan TI pada siswa;
KEKURANGAN
1.      Masih harus membuat account masing-masing peserta ujian;
2.      Kerepotan untuk login;
3.      Dapat terjadi mati listrik sehingga harus mengulang lagi dari awal;
4.      Memerlukan komputer sebanyak siswa dalam 1 kelas;
5.      Membutuhkan koneksi internet yang memadai;
6.      Masih harus mengajari siswa untuk melakukan login dan cara untuk menjawab soal;
7.      Ditakutkan hacker menghancurkan sistem ujian online;
8.      Mempermudah siswa melakukan kecurangan seperti mengakses informasi dari internet untuk menjawab soal;
9.      Siswa dapat seenaknya menjawab soal tanpa berfikir lama;

Kelebihan/keunggulan dan kekurangan Online Asessment bagi pemerintah :

KEUNGGULAN
1.      Mengurangi pengeluaran pemerintah dalam percetakan kertas;
2.      Mempermudah koordinasi dengan pihak lembaga-lembaga pendidikan;
3.      Tanpa repat-repot mengirimkan perangkat soal ke semua lembaga pendidikan, pihak sekolah hanya tinggal mengakses soal melalui internet.













Sumber :

Http://dosyin.blogspot.com/p/assessment.html

KEKURANGAN
1.      Pemerintah diharuskan mengeluarkan dana untuk pengadaan computer dan sambungan internet di masing-masing sekolah yang tidak memiliki lab computer;
2.      Keamanan kurang terjamin, ditakutkan ada hacker yang dapat membocorkan soal;
3.      Setiap sekolah diharuskan memiliki computer dan sambungan internet yang memadai untuk melakukan ujian online, sedangkan tidak semua sekolah memiliki lab computer.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar