Kamis, 01 November 2012

Tugas Menulis Artikel

Sebagai pengganti Ujian Tengah Semester (UTS) tulis, mahasiswa secara berkelompok menulis artikel yang terkait dengan Online Assessment (penilaian online).

Artikel ditulis menggunakan program Microsoft Word (2007 atau 2010), dengan ekstensi file .doc atau .docx. Format kertas A4 dan tepian (margin): kiri 4 cm, atas 4 cm, kanan 4 cm, dan bawah 3 cm. Minimal 10 halaman, dengan asumsi jumlah anggota 5 orang, maka masing-masing menulis 2 halaman. Jumlah halaman tersebut tidak termasuk halaman Cover, Daftar Isi, dan Daftar Pustaka.

Ketentuan penulisan mengacu pada Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (PPKI) Unmuh Jember. Jika mengutip pendapat atau artikel online, cantumkan: alamat situs (termasuk nama file, jika ada), nama penulis, tanggal diupdate (diperbarui oleh penulisnya), dan tanggal Anda mengakses.

Artikel (print) di kumpulkan pada Rabu, 7 November 2012, maksimal pukul 10.30 WIB (sesuai jadwal UTS EHB), ke Bagian Akademik. Artikel (online) ditulis di blog http://asesmen2.blogspot.com. Undangan sebagai kontributor (penulis) sudah dikirim ke alamat email. Silahkan periksa email Anda.

Adapun topik atau tema sebagai berikut:

NO

KELOMPOK

TOPIK

1

5A1 dan 5B1

Pengertian dan sejarah penerapan Online Assessment.
Cantumkan batasan pengertian Online Assessment dari beberapa pakar atau lembaga yang kompeten, kemudian diskusikan dan kemukakan pengertian Online Assessment menurut pendapat kelompok Anda.
Sertakan sejarah penerapan, baik tingkat internasional, nasional, dan lokal.

2

5A2 dan 5B2

Keunggulan dan kekurangan Online Assessment.
Diskusikan keunggulan dan kekurangan dari berbagai sisi, misal: bagi siswa, guru, lembaga (sekolah), dan orangtua siswa. Juga bagi masyarakat akademik, dan Pemerintah.

3

5A3 dan 5B3

Faktor pendukung dan penghambat penerapan Online Assessment di sekolah-sekolah.
Meliputi sarana dan prasarana yang memungkinkan dan menghambat diterapkannya Online Assessment.

4

5A4 dan 5B4

Piranti keras (hardware), piranti lunak (software), dan piranti otak (brainware) yang diperlukan untuk menerapkan Online Assessment.

5

5A5 dan 5B5

Pemanfaatan HotPotatoes untuk membuat soal-soal Matematika sebagai pendukung penerapan Online Assessment. 

6

5A6 dan 5B6

Pemanfaatan Moodle sebagai Learning Management System (LMS) untuk mengelola konten sebagai pendukung penerapan Online Assessment.

7

5A7 dan 5B7

Masa depan atau harapan penerapan Online Assessment di sekolah-sekolah. Menyajikan fakta dan data pendukung penerapan, dan solusi alternatif terhadap hambatannya.

6 komentar:

  1. Deadline penulisan artikel di blog: Selasa, 6 November 2012 pukul 24.00 WIB.

    BalasHapus
  2. Font: Times New Roman 12
    Spasi: 1.5

    BalasHapus
  3. pnulisan artikel di blog trakhir kpan pak,,??
    apkah sma dengan btas pengumpulan tgs yang di print??

    BalasHapus
  4. Pengumpulan tugas menulis artikel mengenai Online Assessment telah diakhiri. Perbaikan (revisi), silahkan dikirim ke email: edy.unmuh@gmail.com.

    BalasHapus