Selasa, 13 November 2012

Menyisipkan Gambar di Moodle

Tulisan ini, antara lain, dimaksudkan untuk menjawab beberapa pertanyaan mahasiswa yang terlibat dalam persiapan ujian online, terutama dalam hal penulisan soal-soal di Moodle, baik melalui telpon atau pesan singkat.

Pertama, perlu saya sampaikan, bahwa sebagaimana Anda, saya juga dalam taraf belajar mengenal Moodle. Untuk itu, saya menjelajah Internet untuk memperoleh ilmu tentang Moodle, berupa tutorial dan ebook. Mengunduh piranti lunak Moodle, kemudian menginstalnya di server lokal. Praktik langsung dengan membuat blog Asesmen [http://asesmen.mdl2.com].

Ini belum seberapa. Ketika menulis Tesis S2, saya mengajukan usulan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis-Web, yang saya namakan “matemania”. Pembimbing menyetujui dengan catatan, bukan hanya mudah saya buat, tapi juga mudah dikembangkan oleh guru-guru.

Ini persoalannya. Pada tahun 1990-an, saya pernah belajar bahasa pemrograman TurboBasic. Pada tahun 2000-an, ketika menulis tesis, telah dikembangkan menjadi Visual Basic. Sayangnya, di Malang, saya tidak memiliki teman berbagi yang memiliki background sama. Seorang teman kuliah pakar dalam bahasa pemrograman Pascal. Seorang lagi, dosen Universitas Brawijaya, menguasai bahasa pemrograman Delphi. Setelah saya pelajari, keempat bahasa pemrograman bukan untuk konsumsi pemula (guru-guru).

Setelah melakukan sejumlah trial and error dalam mengembangkan matemania menggunakan beberapa bahasa atau skrip pemrograman seperti: Java, JavaScript, pada akhirnya saya menemukan Flash (doeloe Macromedia, sekarang menjadi Adobe) yang memenuhi “tantangan” Pembimbing. Mudah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis-Web dan “relatif” mudah juga buat guru-guru.

Hikmah#1:Jika Anda bersedia belajar, Anda akan bisa.

Kedua, berbeda dengan Matematika, Moodle bukan makanan pokok sehari-hari saya. Namun demikian, saya bersedia meluangkan waktu untuk mempelajarinya.

Hikmah#2: Luangkan waktu untuk belajar.

Ketiga, tampilan editor Moodle yang informatif, seharusnya memudahkan Anda untuk mempelajarinya. Anda bisa dengan mudah menyisipkan gambar dengan mengklik tombol Insert/Edit Image.

image

Hikmah#3: Buka mata-hati untuk menerima ilmu baru.

Demikian uraian saya. Mudah-mudahan bermanfaat.

Note: silahkan pelajari tutorial menulis soal di Moodle http://j.gs/1Xdw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar